belajar sejarah Dzul Khuwaisiroh dan Khawarij

‏Siapa Dzul Khuwaisiroh dan pengikutnya?
‏Dzul Khuwaisiroh adalah lelaki dari Bani Tamim ibadahnya kuat melebihi semua Sahabat Rasulullah, rajin shalat, puasa, ghirahnya untuk membela ISLAM kuat, sayang hatinya BUSUK, merasa dirinya lebih baik, lebih ISLAM dari siapapun, bahkan Rasulullah pun dianggap tidak adil. Orang seperti Dzul Khuwaisiroh ini sabda Nabi adalah sumber FITNAH, seburuk2 makhluk, pemecah belah umat. Saking bencinya Nabi dengan orang model Dzul Khuwaisiroh ini beliau bersabda: jika aku menjumpai mereka niscaya aku akan memeranginya seperti diperanginya Kaum 'Aad. (HR Bukhari/7432, Muslim/1064)

‏Dalam beberapa riwayat Rasulullah mengatakan Dzul Khuwaisiroh ini akan punya keturunan dan pengikut sampai pengikutnya terakhir yang keluar mengiringi keluarnya Dajjal.
( HR Nasa'i/4103, Ahmad/19783,19808)

‏Bagaimana ciri keturunan/pengikut Dzul Khuwaisiroh?

‏1. Ahli membaca/menghafal al-Quran tapi tidak diresapi isinya artinya Quran hanya dijadikan tameng untuk kepentingannya saja. Mereka keluar dari agama sebagaimana melesatnya anak panah dari busur. (HR Abu Dawud/4765, Ahmad/13338, 15975) Maka hati2 lah dengan orang yang mengatasnamakan Quran, alasan Khawarij memerangi Sayyidina Ali hingga salah satu pengikutnya(Ibnu MulJam)membunuhnya adalah karena Khawarij merasa membela Quran dan sayyidina Ali dianggap melenceng dari Quran (bahkan dlm satu riwayat disebut saat itu orang2 khawarij ini dikenal sebagai ahli quran/qurro)

‏2. Ahli ibadah, bahkan ibadah para Sahabat baik shalat maupun puasa tidak ada apa-apanya dengan Dzul Khuwaisiroh.
(HR Bukhari/3610,6163, Muslim/1065, Ahmad/7038,11621)
‏Maka hati-hatilah dengan orang yang ibadahnya kuat tapi kurang ilmu, lebih-lebih jika belajar Islamnya kemana tidak jelas.

‏3. Tidak puas pada pemimpin pemerintahan yang sah, sebagaimana Dzul Khuwaisiroh tidak puas dengan kebijakan Rasulullah dalam hal pembagian harta rampasan begitu juga Khawarij yang tidak puas pada sayyidina Ali pada peristiwa Tahkim saat perang Shiffin. (HR Bukhari/3610,6163, Muslim/1065, Ahmad/7038,11621)
‏Maka hati2 lah pada kelompok yang selalu tidak puas dengan pemerintahan yang sah.

‏4. Menggunakan jargon agama/syariah sebagaimana Khawarij ketika melawan sayyidina Ali dengan jargon "TIDAK ADA HUKUM KECUALI HUKUM ALLAH (SYARIAH).
‏(HR Muslim 1066)
‏Maka hati2 lah dengan orang yang menggunakan jargon agama/syariah untuk kepentingan sesaat.

‏5. Adapun ciri-ciri dhahir Dzul Khuwaisiroh dalam beberapa riwayat hadis yang mungkin ditiru atau menitis pada pengikutnya adalah: cekung matanya, lebat jenggotnya, menonjol bagian atas pipinya, menonjol dua dahinya, lebat jenggotnya, botak kepalanya, tergulung sarungnya (cingkrang) dalam satu riwayat disebut ada bekas sujud diantara dua matanya
(HR Bukhari/4351, Muslim/1064, Ahmad/19808)

Sumber tulisan aslinya  PENYEBAR FITNAH / HOAX BERBAJU AGAMA

Facebook Google twitter
Family: Penyebar Fitnah/ HOAX Berbaju Agama Sudah Ada dari Dulu

pesantren.or.id bersama santri berdayakan masyarakat