Selain berpuasa, ada beberapa amalan yang disunnahkan di hari Asyura.

1. Mengusap Kepala Anak Yatim. Hal ini bertendensi terhadap sebuah hadis:
“Dari Abi Hurairah Ra, ada seorang laki-laki mengadu kepada Rasulullah Saw tentang kekerasan hatinya. Maka Rasulullah Saw berkata kepadanya: “jika engkau ingin melembutkan hatimu, maka berilah makan kepada orang miskin dan usaplah kepala anak yatim,” (HR. Ahmad).
Para ulama sepakat, bahwa yang dimaksud mengusap kepala anak yatim dalam redaksi hadis tersebut adalah menggunakan makna sebenarnya. Sebagaimana dijelakan dalam hadis yang lain, “Barang siapa mengusap kepala anak yatim yang semata-mata karena Allah, di setiap rambut yang ia usap Allah memberikan sepuluh kebaikan,..”.
Dalam konteks ini, kepala menjadi hal yang istimewa untuk disebutkan dalam beberapa hadis di atas. Karena mengusap kepala mengandung pengertian adanya kasih sayang, mengayomi, dan rasa cinta terhadap seseorang yang diusap. Sehingga bukan menjadi hal yang aneh lagi apabila semuanya dilakukan pada anak yatim akan menuai pahal yang sangat besar.
.
2. Melapangkan Nafkah Keluarga
Dalam kitab I’anah At-Thalibin karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syata ad-Dimyati, dijelaskan mengenai kesunahan memperlonggar nafkah keluarga pada hari Asyuro’ yang berasal dari hadis Rasulullah Saw: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah menfardhukan kepada bani Israil puasa satu hari dalam setahun pada hari Asyuro’, yaitu hari ke sepuluh dari bulan Muharram. Maka dari itu hendaklah kalian berpuasa Asyuro’ dan lapangkanlah nafkah kalian pada hari itu. Karena sesungguhnya barang siapa yang melapangkan nafkah dirinya dan keluarganya dari hartanya sendiri pada hari Asyuro’ niscaya Allah akan melapangkan rizkinya di sepanjang tahun” (HR. Al-Baihaqi).
Di dalam kitab I’anah At-Thalibin pula menyebutkan ada sekitar dua belas amal kebaikan yang dapat dilakukan untuk memuliakan hari Asyuro’, yakni salat, puasa, silaturrahim, sedekah, mandi, memakai celak, mengunjungi ulama, menjenguk saudara yang sakit, memberi kelonggaran nafkah keluarga, memotong kuku, dan membaca surat Al-Ikhlas seribu kali.

Sumber dari link 

Facebook Google twitter
Family: Selain berpuasa, ada beberapa amalan yang disunnahkan di hari Asyura

pesantren.or.id bersama santri berdayakan masyarakat