قَالَ اللهُ تَعَالَى : ( فَلَوْلاَ أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِيْنِ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ )  اَلصَّافَّاتِ : 143  

Maka andaikan Yunus tidak bertasbih , niscaya ia akan berada di dalam perut ikan hingga hari dibangkitkannya para manusia .
( QS . Ash Shooffaat : 143 )

قَالَ تَعَالَى : ( يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لاَ يَفْتُرُوْنَ )  الأنبياء : 20

Para manusia itu mensucikan Alloh
siang dan malam tanpa terputus
( QS . Al Anbiya’ : 20 )

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ لِي رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللًهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَلاَ أُخْبِرُكَ بِأَحَبِّ الْكَلاَمِ إِلَى اللهِ تَعَالَى ؟ إِنَّ أَحَبَّ الْكَلاَمِ إِلَى اللهِ : سُبْحَانَ اللهُ وَبِحَمْدِهِ .
وَفِي رِوَايَةٍ : سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَيُُّ الْكَلاَمِ اَفْضَلُ ؟ قَالَ : مَا اِصْطَفَى اللهُ لِمَلاَئِكَتِهِ اَوْ لِعِبَادِهِ : سُبْحَانَ اللهُ وَبِحَمْدِهِ .         
                                                           ( رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِي صَحِيْحِهِ )

Dari sahabat Abu Dzar R .A , Beliau berkata : Rosululloh berkata padaku , “ Bolehkah aku memberi tahu kamu tentang suatu ucapan yang disukai oleh Alloh SWT ? . Sesungguhnya ucapan yang disukai oleh Alloh adalah ‘ SUBHAANALLOHU WA  BIHAMDIHI ‘ “
Disebutkan dalam riwayat hadits lain : Bahwa suatu ketika Rosululloh SAW di tanya tentang suatu ucapan yang disukai oleh Alloh . Beliau menjawab , “ Adalah ucapan yang telah dipilihkan Alloh untuk malaikat-malaikat atau hamba-hambaNya . Ucapan itu adalah ‘ SUBHAANALLOHU WA  BIHAMDIHI ’”

Yang jelas , inti dari dzikir itu sendiri adalah mendekatkan diri pada Alloh SWT . Dengan kita dekat dengan Alloh SWT kita akan dapat mencapai derajat yang luhur , karena kita dekat dengan Dzat yang Luhur .


Wallohu A’lam Bish Showaab

Dalil yang Menganjurkan Untuk Berdzikir


Facebook Google twitter
Family: Dalil yang Menganjurkan Untuk Berdzikir

pesantren.or.id bersama santri berdayakan masyarakat